January 01, 2018

Tahun Ini, Petugas Puskesmas di Riau Akan Datangi Warga Untuk Cek Kesehatan


RIAU, PEKANBARU - Mulai tahun 2018 ini masyarakat jangan kaget didatangi petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) ke rumah - rumah warga untuk mengecek kesehatan langsung. Karena Program Pemerintah pusat Nusantara Sehat ini akan diberlakukan di Riau tahun ini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir kepada Wartawan, Senin (1/1). Menurutnya tujuan petugas mendatangi masyarakat ini untuk memetakan kondisi kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir (kiri)
"Jadi petugas Puskesmas akan mendatangi masyarakat. Tidak menunggu di kantor lagi. Tapi dilakukan jemput bola ke masyarakat, "ujar Mimi.

Program ini merupakan masih program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), saat berkunjung ke rumah warga juga akan memberikan sosialisasi tentang kesehatan sehingga masyarakat mendapatkan informasi kesehatan tanpa mendatangi Puskesmas.

"Petugas akan mengajak masyarakat hidup sehat dan memeriksa kesehatan masyarakat secara rutin dan berkelanjutan. Sehingga penyakit bisa dicegah, "ujar Mimi.

Di Riau sendiri ada sebanyak 213 Puskesmas yang tersebar di 12 Kabupaten Kota dan ada 14 Rumah Sakit Umum Daerah, dimana tidak di Provinsi dan 11 tersebar di 11 Kabupaten/Kota kecuali Kota Pekanbaru yang belum miliki RSUD sama sekali.

"Untuk mendukung operasional 213 Puskesmas itu, maka akan didukung dengan fasilitas baik itu dari Provinsi maupun bantuan Keuangan ke Kabupaten/Kota, "jelas Mimi.

Sedangkan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) sendiri program nusantara sehat ini akan didukung dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan dimana satu Puskesmas akan ada 13 Tenaga Kesehatan lengkap.

"Ada dokter gigi, ada dokter spesialis dokter umum dan bidan yang jelas bisa menangani pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas. Tenaganya akan didukung dari Kementerian Kesehatan, "ujar Mimi.(gun)