January 01, 2018

Sering Tertangkap Pungli, Bupati Syamsuar Benahi Dishub Siak


SIAK, MEMPURA - Bupati Siak Syamsuar termasuk gerah dengan adanya oknum petugas Dinas Perhubungan (Diahub) yang tertangkap Pungutan Liar (Pungli) pada 2017.

Ia membenahi struktural dan petugas lapangan serta petugas pada kantor pelatanan KIR. Ia menegaskan agar petugas tidak lakukan Pungli pada 2018 mendatang. 

Petugas Dishub di kantor pelayanan KIR memberikan keterangan
kinerja mereka kepada Bupati Siak Syamsuar beberapa waktu lalu.
 
"Saya sampaikan pula kepada masyarakat, jangan ajak petugas berunding-runding. Supaya tidak ada kesempatan untuk melakukan Pungli," kata dia, Minggu (31/12/2017). Ia optimistis, setelah mengevaluasi Dishub dan mengganti petugas, pada 2018 tidak ada lagi Pungutan Liar di tubuh Pemkab Siak.

Bila ada, ia tak segan-segan memecat oknum petugas, baik honorer maupun PNS.

"Makanya dengan petugas yang baru ini kami tekankan untuk menjalankan tugas sebagaimana mestinya tanpa mau menerima uang sogokan. Apalagi saat ini sudah diberlangsungkan sistem non tunai. Ikuti aturan yang ada," kata dia.

Ia juga mengatakan, sewaktu-waktu dirinya bakal hadir di instansi-instansi yang rawan Pungli.

Seperti mendatangi petugas Dishub di lapangan, Sidak ke kantor pelayanan KIR kendaraan dan lain-lain. Waktunya rahasia, sehingga petugas dapat dikontrol dengan baik.

"Kita melakukan perubahan ini dalam rangka bagaimana kita memberikan pelayanan yang nyaman kepada masyarakat," kata dia. 

Syamsuar mengklaim peralatan yang dimiliki Dishub Siak dalam melakukan uji KIR termasuk yang terbaik di Riau. Namun tarif pengurusan KIR juga termasuk yang termurah di Riau. Hanya Rp36 ribu per KIR sementara di Kabupaten/kota lainnya Riau sudah mencapai Rp 60 ribu lebih. 

"Angka ini terlalu kecil, dalam waktu dekat kita upayakan perubahan, yang tujuannya meningkatkan PAD," kata dia. 

Syamsuar juga meminta kepada masyarakat agar melaporkan jika petugasnya masih bermain di lapangan. Pihaknya bakal segera menindak agar perbuatan oknum tidak terjadi di masa mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Siak Arif Fadillah mengaku siap membersihkan Dishub dari Pungli. Ia menargetkan tahun 2018 Dishub bersih dari Pungli

"Sesuai keinginan Pak Syamsuar, Dishub bersih-bersih. Kita bakal lakukan pengontrolan seefektif mungkin. Karena selama ini petugas jarang dikontrol di lapangan sehingga berbuat sesuka hati. Akhir ada oknum yang diOTT. Inikan memalukan. Kedepan itu tidak ada lagi," kata dia. (gun)