June 08, 2015

Sejak Dimekarkan, Kuansing Telah Miliki Aset Senilai Rp 4,5 Triliun


BeritaKuansing.com, Ekbis - Semenjak dimekarkan menjadi sebuah kabupaten 15 tahun lalu, kini Kuansing telah memiliki aset senilai Rp4,5 triliun. Demikian dikatakan Kabag Perlengkapan Setdakab Kuansing Syafrianto saat berbincang dengan wartawan, Senin(25/5/15).

Aset tersebut kata dia, terdiri dari tanah, bangunan serta barang bergerak, seperti kendaraan.

“Saat ini total aset kita diperkirakan Rp4,5 triliun, yang terdiri dari tanah, jalan, bangunan dan barang bergerak,” jelasnya.

Kendatipun demikian kata Syafrianto, nilai aset itu sebagian ada yang turun dan ada pula yang naik. “Yang turun itu biasanya aset yang berupa kenderaan dinas.Kalau kenderaan dinas sudah dipakai harganya akan anjlok,” terangnya.

Bahkan katanya, harga kenderaan ini bisa jadi setiap tahun harganya terus menyusut. Tapi sebaliknya kalau aset tanah setiap tahun nilainya terus naik.

Namun demikian ujarnya, untuk menentukan nilai suatu barang dan pengelolaan aset pihak Pemkab Kuansing telah mengadakan Memorandum of Understanding (Mou) dengan BPKP. Hal ini dilakukan untuk menaksir berapa nilai aset Pemkab Kuansing sebenarnya.