June 13, 2015

Kabupaten Inhu Peringkat Kedua Penilaian e-Government


BeritaInhu.com, Politik - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berhasil menempati urutan kedua dalam pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGi) tingkat kabupaten/kota se Provinsi Riau tahun 2014. Keberhasilan ini membuktikan bahwa Kabupaten Inhu serius menerapkan e-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebab pada PeGi tahun 2012 lalu, Kabupaten Inhu berada di urutan terakhir.

“Berdasarkan hasil penilaian yang di rilis Direktorat e-Government, Ditjen Aptika Kemkominfo di laman web resmi mereka http://pegi.layanan.go.id/, Kabupaten Inhu melejit dengan menempati posisi kedua PeGi tahun 2014. Penilaian ini dilaksanakan tiap dua tahun sekali,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Inhu Drs Erpandi melalui Kabid Informatika Dishubkominfo Inhu Roma Doris, S.S, M.Ps, M.Eng, Selasa (17/3).

Dijelaskannya, PeGI merupakan kegiatan nasional yang setiap tahun selalu diukur dalam indikator capaian serta benefitnya terkait pengembangan e-Government secara nasional. Dengan kegiatan PeGI ini, Indonesia mempunyai peta kondisi keadaan pemanfaatakan TIK di lingkungan pemerintah secara nasional, selanjutnya memberikan dorongan serta menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah.

Atas dasar tersebut, Pemkab Inhu serius menerapkan e-Government dengan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam melaksanakan tugas di instansi pemerintah sehingga lebih efisien dan dapat memperpendek proses birokrasi yang berbelit-belit dalam rangka percepatan reformasi birokrasi.

Langkah kongkrit yang di ambil Kabupaten Inhu salah satu nya dengan mengusulkan Ranperda e-Government ke DPRD Inhu belum lama ini. Ranperda tersebut dimaksudkan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan TIK dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan proses pemerintahan yang nantinya akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Ditambahkan Roma Doris, posisi Kabupaten Inhu yang berada di peringkat kedua hanya terpaut 0,3 point dari peringkat pertama, Kabupaten Rokan Hulu yang memang memiliki infrastruktur TIK lebih baik.

“Kabupaten Inhu saat ini memang masih terkendala dengan infrastruktur TIK terutama untuk infrastruktur jaringan. Namun demikian kemajuan pesat Pemkab Inhu pada Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGi) ini perlu di apresiasi dan diharapkan menjadi landasan untuk menyukseskan penerapan e-Governtment di Kabupaten Inhu,” ujarnya. (adv)