June 09, 2015

Pertanyakan Proyek PLTU Belantik, Mahasiswa Datangi DPRD Siak


KabarSiak.com, Ekonomi - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Belantik, Kecamatan Siak, yang telah menghabiskan dana puluhan miliar dari APBD Siak, hingga saat ini masih terbengkalai‎ dan belum ada kejelasan kapan akan diaktifkan agar masyarakat Siak dapat menikmati listrik.

Selasa (9/6/15), untuk itu, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS) yang mempertanyakan hal tersebut ke DPRD digelar hearing bersama Pemerintah Kabupaten dan PLN Rayon Siak.‎

Dalam hearing tersebut, koordinator GMPKS Gusfahmi Romainar, mempertanyakan kelanjutan dan pengaktifan PLTU tersebut. Dan mereka menilai, Pemkab Siak lambat dan terkesan membiarkan keterbengkalaian tersebut.

"Saya kira Bupati Siak tidak bekerja, buktinya PLTU itu tidak selesai. Saya juga pertanyakan, apakah proyek yang sudah menelan anggaran Rp 70 miliar itu tidak dilanjutkan," katanya saat berhadapan dengan komisi III DPRD Siak.

Menanggapi hal tersebut anggota komisi III DPRD Siak Azmi, bahwa pembangunan PLTU tersebut akan tetap dilanjutkan. Akan tetapi saat ini masih ada persoalan didalam internal penyertaan modal, PLTU yang dikerjakan PT Riau Power tersebut masih melakukan pembenahan-pembenahan.

"Pembangunan tetap akan dilakukan, tetapi saat ini masih ada persoalan internal, badan hukum untuk penghinaan dana ada perbaikan," ujar Azmi pratisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut. (nank)