June 08, 2015

Pemkab Rohil Kembangkan Program Pembinaan Perikanan


RohilTerkini.com, Ekonomi - Sektor perikanan memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Sektor ini juga sangat prospektif, karena didukung dengan sebagian besar wilayahnya dialiri oleh sungai Rokan dan anak sungainya.

Selain sungai utama Sungai Rokan juga terdapat anak-anak sungai seperti Sungai Kubu, anak sungai, Skobat, sungai Ular, batang Kumu (yang berbatasan dengan selat malaka).

“Melihat potensi yang sangat menjanjikan ini, Pemkab Rokan Hilir memprogramkan budidaya pembibitan dan pengelolaan ikan,” ungkap Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, M Amin kepada wartawan di ruang kerjanya, selasa (19/05/2015).

Tujuan dari program itu, sambung Amin semata-mata untuk meningkatkan penghasilan ekonomi masyarakat dan menjadikan ikan sebagai mata pencahariannya. Apalagi mengingat Rohil merupakan daerah yang kaya akan penghasilan komoditi airnya yakni ikan yang berasal dari aliran Sungai Rokan yang berbatasan dengan Selat Malaka.

Kabid Perairan, Edi Azriadi menambahkan, meski budidaya ikan itu sendiri baru dimulai akhir tahun 2014 lalu. Namun dengan adanya program budidaya pembibitan dan pengelolaan komoditi ikan ini, diharapkan ke depannya kebutuhan ikan konsumsi dapat terpenuhi.

“Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan hasil perekonomian bagi para petani ikan atau nelayan tangkap di Kabupaten Rohil,” ungkap Edi.

Melalui program ini, Pemkab Rohil melalui Dialiri Sungai Rokan dan Anaknya, telah melakukan pembinaan terhadap sejumlah kelompok petani ikan di Kabupaten Rohil. Termasuk memberikan bantuan berupa pakan ikan dan benih ikan. Program ini dilaksanakan, baik menggunakan APBD Rohil maupun bantuan APBN.