June 26, 2015

DKPP Inhil Targetkan PAD Rp. 230 Juta pada 2016 Mendatang


InhilTerkini.com, Ekonomi - Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp230 juta pada 2016 mendatang. Target itu diharapkan terpenuhi dari sektor retribusi kebersihan.

"Kita belum berani meningkatkan target karena sumber pemasukan dari sektor retribusi kebersihan relatif masih kecil. Retribusi hanya diminta kepada toko-toko di jalan protokol sedangkan  dari masyarakat belum bisa dilakukan," ujar Kepala DKPP Inhil, Drs H Eddiwan Shasbyy MM, Jumat (26/6/2015).

Menurut Eddiwan,  pelayanan yang belum optimal kepada masyarakat adalah salah satu alasan belum dipungutnya retribusi dari tiap kepala keluarga (KK). DKPP juga belum menempatkan bak-bak sampah di lingkungan masyarakat.

Eddiwan menjelaskan penarikan retribusi kebersihan kepada rumah makan dan toko rata-rata Rp30 ribu hingga Rp35 ribu sebulan. "Jadi kita tingkatkan dulu pelayanan,  baru kita dapat pungut ke masyarakat. Tapi untuk meningkatkan pelayanan," tambahnya.

Dalam meningkatkan pelayanan diperlukan pendanaan yang  memadai untuk operasional dan melengkapi armada mobil dan lainnya. "Kita juga sudah menyiapkan program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat tapi tanpa didukung pendanaan percuma," tuturnya.

Untuk meningkatkan pemasukan PAD dari sektor retribusi kebersihan, DKPP akan melakukan pendataan ulang terhadap objek retribusi. "Dengan pendaraan diharapkan ada perubahan objek retribusi sehingga dapat meningkatkan PAD," pungkas  Eddiwan. (rul)