April 01, 2015

Senilai Rp 2,4 miliar,8 Unit Mobnas Pemkab Inhu Dibagikan Kepada Wakil Rakyat


BeritaInhu.com, Politik - Di tengah banyaknya mobil dinas (Mobnas) milik Pemkab Indragiri Hulu (Inhu) yang penggunaannya tidak sesuai aturan, Bagian Pengelolaan Aset Setda Inhu membagikan delapan unit Mobnas senilai Rp2,4 miliar untuk anggota DPRD Inhu. 

Pembagian delapan unit Mobnas jenis Toyota Innova 2000 CC yang pengadaannya dianggarkan dalam APBD Inhu 2015, untuk anggota DPRD Inhu ini disampaikan Kabag Pengelolaan Aset Setda Inhu Illiyanto, Rabu (1/4/15) mengatakan, pembagian delapan unit Mobnas ini ‎untuk melengkapi fasilitas DPRD Inhu dari 35 anggota menjadi 40 anggota dewan. 

"Memang kekurangan mobnas ini kalau dilihat dari jumlah anggota dewan yang ada saat ini hanya lima unit mobil. Namun karena dua unit mobnas produk 2011 makanya ditarik Pemkab Inhu dan satu unit lagi rusak. ‎Jadi sesuai anggaran APBD 2015 pengadaan mobnas ini menjadi delapan unit," ujarnya. 

Diungkapkannya, delapan unit mobnas ini sesuai anggaran yang sudah ditetapkan dan direncanakan jauh hari. Pihaknya hanya melakukan pembelian sesuai anggaran yang telah ditetapkan dan disahkan oleh DPRD Inhu. 

"Karena anggaran yang sudah ditetapkan di APBD 2015 untuk yang tipe G, tentunya pembelian unitnya juga yang tipe G. Gak mungkin dibelikan yang tipe standar," ungkapnya. 

Ditambahkannya, pembagian unit Mobnas kali ini berbeda dengan sebelumnya, dimana unit Mobnas langsung diambil pemakai di bagian pengelolaan aset Setda Inhu.‎ Namun untuk kali ini penyerahan unit Mobnas dilakukan kepada kepala SKPD sebagai penanggung jawab, untuk kemudian kepala SKPD menyerahkan kepada pemakai. 

"Delapan unit Mobnas ini terlebih dahulu diserahkan kepada Sekwan dengan status mutasi dari bagian pengelolaan aset, baru kemudian diserahkan kepada anggota dewan. Hal ini dilakukan untuk penertiban pengelolaan aset, agar semua aset disetiap SKPD dapat dimasukkan pada kartu inventaris barang (KIB)," tegasnya. 

Sementara itu Kasubag Pengadaan Bagian Pengelolaan Aset Setda Inhu Mulyadi mengatakan, pengadaan delapan unit Mobnas ini Pagu RKA nya mencapai 2,4 miliar. Untuk Pagu kontraknya hanya Rp2,292 miliar. 

"Pada bulan ini baru delapan unit Mobnas yang bisa terealisasi, sementara untuk pengadaan tujuh unit Mobnas jenis doble cabin dan dua unit single cabin dengan Pagu 3,1 miliar yang dianggarkan dalam APBD 2015, baru bisa direalisasikan pada bulan Mei besok," jelasnya.