January 17, 2018

Minta Pendapat Ninik Mamak, Pemkab Wacanakan Makan Bajambau HUT Kampar di Taman Kota


KAMPAR, BANGKINANG - Perayaan Hari Ulang Tahun Kampar ke-68 tahun 2018 akan digelar berbeda dari sebelumnya. Salah satunya tradisi Makan Bajambau pada hari puncak yang jatuh pada 6 Februari 2018 nanti.

Ada wacana Makan Bajambau digelar di Taman Kota Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang Kota. Tradisi ini biasanya digelar di Balai Adat Kampar, Jalan Lingkar, Bangkinang Kota yang letaknya tepat di samping Markas Kepolisian Sektor Bangkinang Kota.

Tradisi ini digelar setelah Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kampar. Kepala Daerah dan pejabat bersama undangan Very Important Person (VIP) serta Ninik Mamak berbondong-bondong ke Balai Adat setelah Sidang Paripurna.

Makan Bajambau merupakan prosesi yang puncak perayaan. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar, Syamsul Bahri membenarkan wacana itu. Namun Pemkab Kampar belum memastikannya.

Syamsul mengatakan, wacana ini muncul untuk menyemarakkan perayaan. Pemkab Kampar ingin kemeriahan HUT Kampar juga dirasakan oleh masyarakat. "Kalau di Balai Adat, memang terkesan hanya untuk pejabat aja," ujarnya, Selasa (16/1/2018).

Menurut Syamsul, Pemkab Kampar tidak dapat begitu saja memutuskan Makan Bajambau pindah tempat. Pemerintah, kata dia, perlu berkonsultasi dengan Ninik Mamak.

"Diminta dulu saran dari Ninik Mamak. Bisa nggak kalau nggak di Balai?," kata Syamsul.(gun)