December 29, 2017

Pengrajin Lokal Inhil Diminta Berinovasi Dengan Bahan Baku Kelapa


INDRAGIRI HILIR, TEMBILAHAN - Pengrajin di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diminta untuk berkreasi dan berinovasi menggunakan bahan baku yang telah menjadi potensi di Kabupaten Inhil.

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan, mengatakan, jika melihat kepada sumber daya daerah, Kabupaten Inhil merupakan daerah dengan potensi yang luar biasa untuk pengembangan kesenian lokal. Namun, potensi yang luar biasa itu, belum dimanfaatkan secara maksimal.

Bupati Indragiri HIlir, HM Wardan saat memberikan pidato
pada kegiatan temu ramah Dekranasda Inhil di Hotel Inhil Pratama
Menurut Bupati, satu diantara potensi besar itu adalah kelapa yang begitu melimpah di Kabupaten Indragiri Hilir dan sudah tersohor bahkan ke penjuru dunia.

“Kelapa sangat dapat dimanfaatkan sebagai bahan pokok untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang kesenian oleh para pengrajin lokal,” papar Bupati saat mengikuti dan membuka langsung kegiatan temu – ramah Dekranasda Indragiri Hilir bersama pengrajin lokal di Hotel Indragiri Hilir Pratama, Tembilahan, Jum'at (29/12/2017) pagi.

Oleh karena itu, menurut Bupati, tujuan utama dari Kegiatan temu - ramah ini, untuk menyelaraskan dan mensinergikan langkah pembinaan kepada pengrajin dalam meningkatkan daya saing.

Selain itu juga dapat dijadikan sebagai sebuah sarana untuk mendiskusikan tentang upaya pengembangan potensi Kabupaten Indragiri Hilir, seperti Kelapa.

Bupati menginginkan para pengrajin lokal dapat menginisiasi karya - karya seni berbahan baku kelapa yang jumlahnya melimpah di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Ini merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan. Inhil merupakan Kabupaten yang kaya dan memiliki potensi luar biasa namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Kelapa merupakan kerajinan yang sangat potensial untuk dikembangkan di Indragiri Hilir karena semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan bahkan menjadi bahan baku kerajinan,” jelas Bupati.(gun)