June 10, 2015

Maju Jadi Wagubri, Sukarmis Didukung PWI Riau


BeritaKuansing.com, Politik - Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Riau mendorong Bupati Kuansing, Sukarmis untuk menjadi kandidat Wakil Gubernur Riau setelah jabatan Wagubri Andi Rahman resmi ditetapkan oleh Mendagri menjadi Gubernur Riau mendatang.

"Bahkan PWI Riau telah mengirimkan surat kepada Mendagri untuk memilih Bupati Sukarmis menjadi Wagubri," ucap Ketua PWI Riau Dheni Kurnia di sela-sela pelantikan pengurus PWI Kuansing, Rabu (10/6/15).

PWI Riau kata Deni, menilai sosok Sukarmis pantas menduduki wakil gubernur Riau. Selain dinilai berhasil berkarir di politik, Sukarmis juga memiliki kemampuan yang mapan dalam memimpin.

"Kita tengok saja kepemimpinan Sukarmis selama menjadi kepala daerah di Kuansing, pembangunan terus bergerak maju, situasi dan kondisi masyarakatnya tetap stabil, sosok seperti ini yang disukai oleh PWI," terang Deni.

Prestasi Sukarmis juga tak bisa dipandang sebelah mata, berbagai penghargaan telah diperolehnya. Selama kurun waktu dua periode memimpin Kuansing, telah empat kali memperoleh predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan ini disematkan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia melalui Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai bentuk prestasi bagi daerah yang berhasil mengelolah keuangan.

"Selain itu, Bupati Sukarmis juga merupakan politisi senior Golkar di Provinsi Riau, dia memang pantas menjadi Wagubri," puji Deni.

Sementara itu, Bupati Sukarmis dalam kata sambutannya juga mengakui jika dirinya telah diundang oleh Mendagri ke jakarta. Namun Bupati Sukarmis tidak merinci prihal undangan Mendagri itu kepada dirinya.

"Memang saya telah diundang oleh Mendagri Cahyo Kumolo, namun untuk apa, saya gak usah sebutkanlah," katanya malu-malu.

Kendatipun dipilih oleh Mendagri nantinya sebagai Wakil Gubernur Riau, Sukarmis tetap sayang kepada kampung halamannya. Kuansing.

"Kalau dalam dekat ini saya ditunjuk menjadi Wagubri, berkemungkinan akan saya tolak, karena saya masih ingin membangun Kuansing ini, saya sangat mencintai Kuansing ini," papar Sukarmis.

Kabar Ketua DPD Partai Golkar Kuansing ini kian santer disebut-sebut sebagai salah satu kandidat calon Wagubri jika Wagubri saat ini Arsjadjuliandi Rachman dilantik menjadi Gubernur Riau defenitif menggantikan H Anas Ma'amun yang menjadi tersangka kasus suap di KPK.

Politisi senior Partai Golkar Riau yang telah menjadi ketua DPRD Kuansing dua periode dan Bupati Kuansing dua periode tersebut digadang-gadang memiliki peluang yang sama dicalonkan menjadi Cawagubri bersama-sama kader Golkar lainnya.(aci/rtc)