June 25, 2015

Kepala BPMPD Riau : Inhil, Kabupaten yang Paling Banyak Peroleh Alokasi Dana Desa


InhilTerkini.com, Ekonomi - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pembangunan Desa (BPMPD) Sudarman menyebutkan, dari 1.594 desa di Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hilir adalah daerah terbanyak menerima bantuan dana tersebut.

"Desa paling panyak menerima Inhii, kemudian disusul Bengkalis," katanya, Kamis (25/06/2015).

Masing-masing desa akan mendapatkan dana bantuan desa sebanyak Rp 500 juta. Anggaran itu tetap harus dikelola secara baik oleh desa dalam bentuk laporan pertanggungjawaban pengelolaan biaya.

Selain itu desa yang mendapat bantuan dana ini, diminta untuk mengatur Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa atau RPJM-Des.

Sudarman menambahkan saat ini Pemerintah Provinsi Riau masih menyusun Peraturan Gubernur, sebagai dasar pijakan umum pengelolaan dana desa itu.

Proses persiapan peraturan gubernur itu, sedang dibahas oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat Pembangunan Desa. Setelah ini selesai data itu bisa langsung ditrasfer ke desa masing-masing.

Target penyaluran dana itu masuk dalam APBD murni 2015, dengan kata lain pertengahan tahun ini pula anggaran itu harus sudah diterima masing-masing desa.

"Mau tidak mau, di APBD murni ini harus sudah selesai semua," sambungnya.(kil)