June 23, 2015

Dinas Koperasi Inhil Terus Bina UKM demi Tingkatkan Perekonomian


InhilTerkini.com, Ekonomi - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah akan terus berikan pembinaan bagi kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  melalui Sekretaris Dinas Koprasi dan UKM Azwardi. Senin (22/6).

“Kami terus melakukan pembinaan terhadap UKM yang bergerak dibidang industri rumah tangga dan industri kecil lainnya yang ada di Kabupaten Inhil, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjadikan masyarakat yang kreatif,” kata Azwardi.

Tapi disayangkannya, dari setengah jumlah UKM yang ada di Kabupaten Inhil, berdasarkan data Dinas Koprasi dan UKM, itu sudah banyak yang tidak aktif lagi, dikarenakan beberapa faktor yang menghambat UKM tersebut untuk berkembang.

“Di Inhil ada sekitar 497 kelompok UKM, dan sekitar 260 berdasarkan data saya, itu tidak aktif lagi, yang aktif hanya tingal 237 kelompok UKM yang tersebar di seluruh Kabupaten Inhil,” ungkapnya.

Lanjut ia menambahkan,  adanya koprasi yang bergerak dibidang perbankan simpan pinjam yang dibawah pengawasan Dinas Koprasi  dan UKM Inhil, disampaikannya, itu tidak dibenarkan menerapkan bunga pinjaman yang terlalu besar, karena semua itu sudah ada ketentuannya.

“Dan apabila ditemukan dilapangan, koperasi tersebut diberikan sanksi tegas pihaknya selaku pengawas  koperasi dan UKM di Inhil,”  ujarnya.

Lanjut ia mengharapkan, bagi UKM di Kabupaten Inhil yang masih aktif bergerak dalam mengembangkan usahanya, baik itu dibidang jasa, home industry dan bidang-bidang kecil lainnya, agar dapat menjadi koperasi yang sehat dan saling mendukung untuk kesejahteraan anggotanya dan masyarakat. (rul)