June 04, 2015

Anies Baswedan Buka Acara Kemah Budaya Nasional RI 2015 di Siak


KabarSiak.com, Budaya - Hari ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan akan membuka acara Kemah Budaya Nasional RI 2015 di Kabupaten Siak. Setelah itu, siang nanti, akan dilanjutkan dengan dialog bersama Dinas Pendidikan dan guru se Riau, Kamis (4/6/15). 

Khusus untuk kegiatan Kemah Budaya Nasional RI 2015, Anies menyatakan sangat antusias mengikutinya. Menurutnya, melalui pramuka dan dunia pendidikan sangat erat kaitannya. 

"Jambore ini memang penting, karena kita ingin mendorong anak-ank genenarasi baru untuk memiliki kesempatan belajar karakter lewat pramuka," kata Anies, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, usai pertemuan jamuan makan di kediaman Plt Gubri Jalan Sisingamingaraja, tadi malam. 

Bagi menteri, pramuka sangat menarik untuk diikuti. Melalui pramuka para pelajar tentunya dapat belajar untuk mengembangkan kecakapan yang ada didirinya. 

Pramuka merupakan pelajaran dalam mengembangkan karakter moral dan karakter kinerja. Yakni, jika moral berarti seperti ketulusan, kejujuran. Sementara karakter kinerja seperti ulet, rajin serta tak mudah menyerah dalam menghadapi persoalan.

"Melalui pramuka setiap anak menjadikan pilihan untuk mengembangkan karakternya. Jadi seharusnya dunia pendidikan juga seperti itu, pendidikan juga pilihan, makanya anak pintar tidak mesti harus matematika atau fisiknya bagus. Tetapi pada pengembangan potensinya," ujarnya. (nank)