June 14, 2015

Acara Tahunan, PT Tasma Puja Santuni Anak Yatim 4 Kecamatan di Kampar



BeritaKampar.com, Ekonomi - Jumat, menjadi hari yang semarak di Kampar Timur, karena warga di sembilan desa di Kecamatan ini serentak menggelar kegiatan perayaan anak yatim. 

Perayaan anak yatim ini merupakan tradisi masyarakat Kampar dalam menyambut bulan Ramadhan, dalam perayaan ini selain memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu tersebut, juga digelar aneka permainan rakyat, hiburan orgen, dan puncaknya arak arakan anak yatim keliling kampung.

Seperti di desa Kampar, empat dusun didesa tersebut melaksanakan perayaan anak yatim, di dusun Pinatan desa Kampar santunan dihadiri oleh kepala desa Kampar Alfendi ST, kadus Pinatan Lukman efendi, tokoh masyarakat Drs syafrizal, manager PT Tasma Puja Dial Alftih. Manager PKS Tasma puja Aulia serta masyarakat.

Alfendi kepada wartaawan  menyebutkan, acara ini memang tradisi masyarakat memberikan bantuan kepada anak yatim, hingga mereka bisa bergembira menyambut Ramadhan dan lebaran sebagaimana anak lainnya.

Sikap ini diikuti juga PT Tasma puja, setiap tahunnya  perkebunan sawit ini melaksankan program CSR untuk acara sosial seperti anak yatim. Manager KSK Tasmapuja Dian al Fatih menjelaskan, tahun 2015 ini mereka menyantuni 604 orang anak yatim dari 18 desa yang terdapat di empat kecamatan sekitar kawasan perkebunan, yaitu kecamatan Kampar Timur, Kampar, Rumbio jaya dan Tambang, dengan total santunan sebesar Rp 75 juta.

"Biasanya mereka dikumpulkan di satu tempat, namun sekarang kita sendiri yang datang langsung ke desa desa tersebut dan menyerahkan bantuan " ujarnya. Pola ini membuat masyarakat lebih terbantu karena mereka tidak harus datang melainkan didatangi.

Selain santunan anak yatim, PT Tasma puja juga memberikan CSR dalam bentuk lain seperti pembangunan sarana ibadah, pendidikan dan fasilitas sosial lainnya.

Selain di desa Kampar, acara penyantunan anak Yatim juga dilaksanakan di desa tj Alai. Dua dusun didesa tersebut melaksanakan dengan aneka hiburan rakyat seperti perlombaan anak anak dan musik tradisional. Di desa ini dihadiri oleh anggota DPRD Kampar Syahrul Aidi.

Di desa Pulau Rambai kegiatan serupa juga terlihat meriah, tiga dusun serentak melaksanakan arak arakan anak yatim yang membuat kampunh terlihat mereka. Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di tiga dusun di desa koto perambahan dan dua dusun di desaTanjung Bungo. (kim)