January 11, 2015

Pengembangan Komoditas Padi, Bupati Inhu Panen Raya di Peranap


INDRAGIRI HULU, RENGAT - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto melakukan panen raya padi sawah ‎di desa Baturijal Barat Kecamatan Peranap Inhu, Ahad (11/1/15). ‎Dalam kesempatan tersebut bupati Yopi menegaskan, sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah, untuk itu perlu terus diupayakan pengembanganya. Kecamatan Peranap merupakan salah satu Kecamatan yang sangat potensial untuk pengembangan tanaman pangan terutama padi sawah. 

Untuk itu guna peningkatan produksi dan produktivitas padi bagi ketahanan pangan daerah, Pemkab Inhu melaksanakan program pembangunan pertanian melalui 5 skenario seperti peningkatan indeks pertanaman (IP) dari 1 kali menjadi 2 kali tanam setahun, melaksanakan rehabilitasi sawah terlantar (RST), melaksanakan cetak sawah Baru (CSB), pengembangan sri organic padi Sawah, serta pembangunan infrastruktur pertanian dan bantuan alat mesin pertanian secara bertahap. 

"Semoga dengan terlaksananya program itu Kabupaten Indragiri Hulu mampu mewujudkan tujuan sasaran tanam padi sawah pada 2015 sebesar 4.229 HA, sasaran panen 3.808 HA, dan sasaran produksi sebesar 14.884 ton," tegasnya. 

‎Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Inhu Rahmat mengatakan, kegiatan pertanian padi di Kecamatan Peranp dimulai dari 2011 dengan luas lahan yang minim, namun seiring waktu akhirnya hingga sampai saat ini telah mencapai luas lahan mencapai‎ 178 Hektar. ‎Dimana kecamatan Peranap terdiri dari 10 Desa dan 2 Kelurahan, untuk penghasil padi sendiri terdapat di 4 Desa yaitu Desa Baturijal Hulu, Desa Baturijal Hilir, Desa Baturijal Barat dan Desa Katipo.

Pada musim panen ini dari 4 Desa penghasil padi di kecamatan Peranap masih tersisa satu desa yang masih bisa melaksanakan panen setelah 3 Desa yang lain gagal panen karena terkena dampak banjir beberapa bulan yang lalu. 

‎"Semoga kedepan pembangunan irigasi diareal ini akan menjadi lebih baik, sementara untuk peralatan pertanian Pemkab Inhu telah menargetkan pengadaan handtraktor sebanyak 50 Unit dan beberapa diantaranya di berikan untuk Kecamatan Peranap," jelasnya. (dod/rtc)