November 10, 2013

2 November, Bupati dan Rombongan Haji Inhu Tiba di Rengat


RENGAT-Sesuai jadwal, Bupati Inhu Yopi Arianto bersama rombongan jemaah haji asal Kabupaten Inhu akan kembali ke tanah air melalui Debarkasi Batam pada tanggal 1 November 2013 mendatang. Jemaah haji asal Kabupaten Inhu tersebut akan menginap satu malam di Batam dan pada tanggal 2 November 2013 akan kembali ke Pekanbaru dan Rengat.
Meski demikian, hingga saat ini belum diagendakan penyambutan terhadap Bupati dan rombongan jemaah haji asal Kabupaten Inhu tersebut. Sebab Pemkab Inhu baru akan menggelar rapat persiapan penyambutan jemaah haji pada Rabu (23/10) besok.
“InsyaAllah sesuai jadwal rombongan jemaah haji asal Inhu, termasuk diantara Bupati Inhu akan tiba di Batam pada tanggal 1 November 2013 mendatang,” kata Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inhu H Hasyim S.Ag, Senin (21/10).
Dijelaskannya, setelah menginap satu hari di Asrama Haji Batam, rombongan jemaah haji Inhu akan diberangkatkan ke Pekanbaru pada tanggal 2 November 2013 dalam dua kali penerbangan. Untuk penerbangan pertama sebanyak 186 jemaah haji dan penerbangan kedua 19 jemaah haji.
“Sesampainya di Pekanbaru, rombongan jemaah haji asal Kabupaten Inhu akan langsung diberangkatkan menuju Kabupaten Inhu dengan menggunakan bus seperti saat berangkat lalu,” ujar Hasyim seraya mengungkapkan kemungkinan rombongan jemaah haji Inhu akan tiba pada siang menjelang sore di Inhu.
Seperti diketahui, jumlah jemaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 206 orang. JCH tersebut terdiri dari 88 laki-laki dan 118 perempuan dan tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 bersama JCH asal Kota Pekanbaru dan Kabupaten Inhil.
Namun satu orang jemaah haji bernama Abdul Manan (77), warga RT 11, RW 06, Desa Pematang, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Inhu meninggal dunia pada Senin (30/9) sekitar pukul 06.00 waktu Madinah. Abdul Manan meninggal ketika rombongan JCH asal Inhu akan berangkat menuju Mekkah. Dengan meninggalnya satu orang jemaah haji, maka jumlah jemaah haji Inhu tinggal 205 orang.
Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Inhu, Hj R Asmalia mengatakan hingga saat ini belum ditetapkan bentuk penyambutan Bupati Inhu dan rombongan jemaah haji Inhu. “Saat ini belum ada disusun bentuk penyambutan bupati bersama rombongan. Pemkab Inhu baru akan menggelar rapat pada Rabu (23/10) untuk mengagendakan penyambutan bupati dan rombongan,” ujarnya singkat. (TM01)