January 07, 2018

Nikmati Udara Segar Sambil Bersepeda di Pesawahan Bungaraya


SIAK, BUNGARAYA - Selain menjadi lumbung padi kabupaten Siak, kecamatan Bungaraya kini menjadi daya tarik wisata. Hamparan sawah yang luas di kecamatan ini sedang dipromosikan menjadi destinasi wisata.

"Kami ingin menjadikannya sebagai agrowisata. Secara diam-diam, ternyata banyak sekali wisatawan yang singgah di areal pesawahan untuk berfoto-foto dan mencari tempat untuk makan bersama. Ini peluang kita di Bungaraya," kata Camat Bungaraya, Hendy Derhavin, Jumat (5/1/2017).

Camat Bungaraya dan jajaran berhenti di tengah areal pesawahan
setelah mengayuh sepeda bersama-sama, Kamis (4/1/2018) pagi.
 
Untuk mengubah sudutpandang warga sekitar dari sekadar sawah menjadi agrowisata, pihaknya sudah memulai beberapa kegiatan. Seperti bersepeda berkeliling sawah setiap Kamis pagi.

"Kegiatan itu terasa sangat asik bila dilakukan bersama-sama. Sejauh ini warga sudah ikut bersepeda sambil keliling sawah setiap Kamis pagi. Anda juga bisa ikut bersama kami sambil menikmati udara segar," kata dia.

Hebatnya, konsep Agrowisata Bungaraya itu sudah diajukan ke bupati Siak Syamsuar. Rencananya, 21 Januari 2018 ini, agrowisata Bungaraya ini dilaunching di lokasi. Kegiatan Launching itu didahului dengan gelaran sepeda santai.

"Kami menyebutnya TDS, yakni Tour de Sawah. Meskipun bunyinya penuh humor, tapi justru ini menarik minat warga," kata dia sambil tertawa.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah memfinalkan rute bersepeda di lokasi pesawahan. Sebab, jalan melingkar di areal pesawahan sudah disemenisasi sehingga aman untuk gowes.

"jadi jangan dibayangkan kita bersepeda di atas pematang. Itu tak mungkin, kalau terjatuh nanti padinya rusak," kata dia.

Dia menambahkan, jika wisatawan ingin mendapatkan pengalaman bersepeda di keliling pesawahan, tidak perlu membawa sepeda dari rumah. Pihaknya menyediakan sepeda di sekitar lokasi.

Sekretaris Camat Bungaraya, Amin Soimin didapuk sebagai ketua tim agrowisata tersebut. Ia mengatakan, masyarakat sudah mendukung agrowisata ini sehingga sudah dapat dipromosikan.

Sedangkan untuk kegiatan fun bike menjelang launching, rute bersepeda sudah ditentukan. Pihaknya sepakat start di depan Bakso Surabaya, kemudian melintasi jalan Usahatani persawahan Kampung Bungaraya dan Kampung Kemuningmuda menuju ke kolam pancing.

"Pada acara fun bike, nanti kita bagikan hadiah di kolam pancing ini. Tetapi kalau wisatawan itu bebas aja, tentu kembali ke depan bakso Surabaya," kata dia.

Sementara itu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan, pemerintahan kecamatan dan warga Bungaraya telah melahirkan konsep jitu untuk memanfaatkan peluang wisata. "Ide dan gagasan mereka sederhana tetapi berdaya guna yang tinggi. Saya apresiasi dan rencana agrowisata Bungaraya wajib dilanjutkan dan dikemas dengan baik," kata dia.

Upaya memperkenalkan agrowisata itu bagian dari visi kepariwisataan Pemkab Siak. Apalagi kegiatan didukung warga tempatan. Sehingga ekonomi masyarakat setempat akan semakin baik kedepan.

"Saya harap ini semangatnya tidak sekali kegiatan saja, atau menjelang launching saja. Ini kalau bisa dilaksanakan secara kontiniu," kata dia.(gun)